Gunung Argopuro

Gunung ArgopuroGunung Argopura bisa diartikan “Gunung Pura” atau barangkali bisa disebut Pura di Puncak Gunung, seperti banyak ditemukannya struktur bangunan berarsitek mirip Pura (tempat peribadatan umat Hindu) dikawasan puncak, berawal dari situlah gunung ini beroleh nama Argopuro.Di puncak Gunung Argopuro banyak sekali di jumpai reruntuhan bangunan yang hanya tinggal puing-punig berserakan dan ditumpuk begitu saja seolah tidak mempunyai nilai sejarah yang tinggi padahal dari sisa-sisa reruntuhan itu masih sangat jelas sekali adanya situs purbakala itu yang di lansir oleh beberapa Arkeolog.

Gunung Argopuro mempunyai  ketinggian 3.088 Mdpl , yang didalamnya mencakup areal seluas hampir satu km persegi dan terdapat komplek bukit dan alun-alun serta komplek kawah dan komplek bangunan candi.

Komplek bukit dan alun-alun merupakan pintu masuk kawasan puncak, sebuah alun-alun yang luas dipegunungan Hyang Argopuro. Alun-alun ini dibatasi langsung oleh sebuah kawah dengan lubang dalam., sedangkan disebelah timur masih terdapat lima kawah, baik lubang maupun tempat yang dinamakan alun-alun SIJEDING.

Komplek bangunan candi yang dimaksud bukan candi dalam arti sebenarnya, melainkan merujuk dari jenis peninggalan dan struktur bangunan sejarah kepurbakalaan yang terdapat di gunung ini. Jumlah seluruhnya ada tujuh komplek meliputi situs kolam dan taman sari, Situs Puncak Rangganis, dua bangunan candi, dan tiga bangunan pura.

Masyarakat sekitar lebih mengenal Rengganis ketimbang Argopuro. Rengganis sebuah nama seorang DEWI atau biasa dikenal dengan Dewi Rengganis yang begitu melekat di hati masyarakat kaki Gunung Argopuro. Konon menurut legenda penduduk setempat, dari sanalah Dewi Rengganis tinggal dan memerintah kerajaannya. Diceritakan pula bahwa alun-alun Rawa Embik adalah sebuah padang rumput dibawah alun-alun puncak adalah sumber mata air yang terus mengalir sepanjang tahundan mata air tersebut di namakan Taman Hidup. Tempat itu merupakan padang penggembalaan hewan ternak yang mensuplai kebutuhan keraton di puncak.

Dituturkan bahwa Dewi Rengganis adalah salah seorang Putri dari Prabu Brawijaya yang lahir dari salah satu selirnya. Karena tidak diakui keberadaannya, pada saat dewasa beliau ( Dewi Rengganis ) didampingi seorang Patih dan pengikut-pengikutnya yang setia melarikan diri dan mendirikan kerajaan keraton di puncak Gunung Argopuro

Kami Java Wisata Indonesia juga menyedikan Paket Trekking Gunung Argopuro
Ø Paket Trekking Gunung Argopuro 3 hari 2 malam
Ø Paket Trekking Gunung Argopuro 4 hari 3 malam

Comments are closed.