Sejarah Airsoft Gun

Airsoft adalah sebuah olahraga atau permainan yang mensimulasikan kegiatan militer atau kepolisian, yang menggunakan replika senjata api yang disebut airsoft gun. Airsoft gun merupakan mainan senjata replika yang memiliki ukuran sama dengan jenis senjata aslinya. Mainan replika airsoft gun ini merupakan replika jenis senjata-senjata yang ada di dunia, baik dari jenis pistol, revolver, submachine gun, assault rifle, sniper rifle, dan shotgun. Walaupun termasuk kategori mainan, airsoft gun juga dapat melontarkan peluru plastik bulat berukuran 6mm baik secara single action, semi otomatis ataupun full automatic. Pada awalnya airsoft gun di jepang pada tahun 1970 an, dimana kepemilikan senjata api sangat sulit atau tidak mungkin untuk didapatkan karena ketatnya peraturan. Kemudian para pencinta senjata lalu mencari alternatif yang legal untuk melakukan hobi mereka.

Pada pertengahan tahun 1990-an hobi tersebut pindah ke Amerika utara.Setelah sepuluh tahun berlalu Jepang menciptakan unit airsoftgun tipe baru seperti AEG yang menggunakan tenaga listrik dan menggunakan sistem otomatis.Pada awal tahun 2000-an Hongkong juga memulai untuk memproduksi unit airsoft.Unit airsoftgun Hongkong tidak kalah kualitasnya dengan Jepang.Setelah beberapa tahun kemudian Cina juga ikut ambil peran dalam produksi Airsoftgun. Produksi Airsoftgun china membanjiri pasaran Amerika karena Lebih murah dan terjangkau harganya. Akhir-akhir ini kegiatan airsoft gun paling populer di berbagai negara karena selain mengandalkan skill juga harus ahli strategi dalam bermain.

Material inti dari airsoft gun sebagian besar terbuat dari bahan ABS resin (seperti bahan yang digunakan pada handphone), yang dikombinasikan dengan alluminum alloy, dan zinc. Berat rata-rata jenis airsoft gun berkisar antara 70% hingga 90% dari berat senjata aslinya. Kadangkala, supaya mendekati berat senjata aslinya, pada jenis-jenis tertentu, magazine pada airsoft gun jenis pistol dibuat dengan berat yang lebih berat ketimbang magazine senjata aslinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>